warna adalah suatu hal yang sangat penting dalam semua bentuk desain grafis walaupun warna hitam putih bukan termasuk warna, benarkah ? ada sebagian orang yang menyangkal bahwa hitam dan putih bukan termasuk warna, dengan alasan hitam adalah bila sebuah cahaya di jadikan gelap warna tersebut akan menjadi hitam, sedangkan putih adalah penarikan cahaya menjadi terang sampai sebuah warna terlihat putih. bisa kita simpulkan bahwa warna adalah sebuah pantulan cahaya yang di refleksikan ole mata kita.
Tidak hanya palet WARNA anda match dengan isi situs, tapi Anda juga harus memilih warna yang sesuai dengan budaya pengunjung anda. Beberapa penelitian menujukkan bahwa respon setiap orang dari budaya yang berbeda akan berbeda.
Untuk
mencapai design warna yang efektif, bisa dimulai dengan memilih warna yang bisa
merepresentasikan tujuan dari situs Anda. Pallet warna yang anda buat sebaiknya
cocok dengan pribadi dan tujuan dari situs Anda. Jika misalnya situs Anda
adalah untuk situs komunitas, maka sebaiknya Anda memilih warna warna hangat
untuk membuat suasana lebih santai. Jika situs Anda adalah untuk situs
Informasi, dimana content akan mendominasi, maka warna sebaiknya simple dan
tidak mengganggu (misalnya jangan menggunakan background kembang2 dengan warna
menyolok).
Anda
bisa melihat di Tabel 1 dibawah, untuk korelasi secara umum secara psikologis
antara warna dan orang.
WARNA
|
Respon Psikologi
|
Catatan
|
Merah
|
Power, energi, kehangatan, cinta, nafsu,
agresi, bahaya
|
Warna Merah kadang berubah arti jika
dikombinasikan dengan warna lain.
Merah dikombinakan dengan Hijau, maka akan menjadi simbol Natal. Merah jika dikombinasikan denga Putih, akan mempunyai arti 'bahagia' di budaya Oriental. |
Biru
|
Kepercayaan, Konservatif, Keamanan,
Tehnologi, Kebersihan, Keteraturan
|
Banyak digunakan sebagai warna pada logo
Bank di Amerika Serikat untuk memberikan kesan 'kepercayaan'.
|
Hijau
|
Alami, Sehat, Keberuntungan, Pembaharuan
|
Warna Hijau tidak terlalu 'sukses' untuk
ukuran Global. Di Cina dan Perancis, kemasan dengan warna Hijau tidak begitu
mendapat sambutan.
Tetapi di Timur Tengah, warna Hijau sangat disukai. |
Kuning
|
Optimis, Harapan, Filosofi, Ketidak
jujuran, Pengecut (untuk budaya Barat), pengkhianatan.
|
Kuning adalah warna keramat dalam agama
Hindu.
|
Ungu
|
Spiritual, Misteri, Kebangsawanan,
Transformasi, Kekasaran, Keangkuhan
|
Warna Ungu sangat jarang ditemui di
alam.
|
Oranye
|
Energy, Keseimbangan, Kehangantan
|
Menekankan sebuah produk yang tidak
mahal.
|
Coklat
|
Tanah/Bumi, Reliability, Comfort, Daya
Tahan.
|
Kemasan makanan di Amerika sering
memakai warna Coklat dan sangat sukses, tetapi di Kolumbia, warna Coklat
untuk kemasan kurang begitu membawa hasil.
|
Abu Abu
|
Intelek, Masa Depan (kayak warna
Milenium), Kesederhanaan, Kesedihan
|
Warna Abu abu adalah warna yang paling
gampang/mudah dilihat oleh mata.
|
Putih
|
Kesucian, Kebersihan, Ketepatan, Ketidak
bersalahan, Setril, Kematian
|
Di Amerika, Putih melambangkan
perkawinan (gaun pengantin berwarna putih), tapi di banyak budaya Timur
(terutama India dan Cina), warna Putih melambangkan kematian.
|
Hitam
|
Power, Seksualitas, Kecanggihan,
Kematian, Misteri, Ketakutan, Kesedihan, Keanggunan
|
Melambangkan kematian dan kesedihan di
budaya Barat.
Sebagai warna Kemasan, Hitam melambangakan Keanggunan (Elegance), Kemakmuran (Wealth) dan Kecanggihan (Sopiscated) |
Tidak hanya palet WARNA anda match dengan isi situs, tapi Anda juga harus memilih warna yang sesuai dengan budaya pengunjung anda. Beberapa penelitian menujukkan bahwa respon setiap orang dari budaya yang berbeda akan berbeda.
Misalnya
warna Oranye, secara universal, akan merepresentasikan produk yang tidak mahal,
dan perayaan Halloween.
Di
Amerika, warna Biru Tua merepresentasikan Kepercayaan (TRUST), tapi di Korea,
Kepercayaan lebih direpresentasikan oleh warna warna Pastel, terutama Pink.
Jadi
penggunaan WARNA yang cocok, juga harus didukung oleh pemahaman tentang apa
arti WARNA tersebut di demografi pengunjung yang kita tuju. (Misalnya, situs
dengan warna Kuning Terang di Indonesia, mungkin akan dikaitkan dengan sebuah
parpol tertentu). tetapi ini hanyalah sesuatu yang telah di sepakati, lebih umumnya orang bebas menentukan makna filosofi warna itu sendiri karena tidak adanya hak paten dari sebuah warna ( misal kuning suatu warna yang bersifat kegesitan,lincah, berbentuk garis- melambangkan kecepatan, kekuatan penghancur)